Sedikit perbedaan antara ubuuntu 32 bit dan ubuntu 64 bit

3 Feb 2013

Ubuntu 64 bit

Ubuntu 64 bit

Beberapa waktu yang lalu saya memasang ubuntu 11.10 dengan arsitektur 32 bit dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Mengetik dokumen, browsing internet, meng-edit gambar dan foto menggunakan gimp juga inkscape. Semua aplikasi berjalan dengan baik dan relatif tidak ada masalah. Bahkan ketika digunakan untuk menjalankan program yang cukup berat seperti virtualbox pun masih cukup lancar. Berhubung Netbook acer 756 yang saya gunakan terpasang ram yang jumlahnya cukup banyak yaitu 4 gb sayapun tertarik untuk mencoba memasang ubuntu dengan arsitektur 64 bit. Menurut beberapa artikel yang saya baca di forum komputer dan blog pengguna linux, ubuntu 64 bit atau linux dan sistem operasi lain yang memiliki arsitektur 64 bit memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi, ada juga yang mengatakan bahwa ketika sebuah aplikasi dijalankan diatas komputer dengan sistem operasi yang menggunakan arsitektur 64 bit maka kinarja aplikasi tersebut bisa berjalan lebih cepat.

Saya akhirnya memilih ubuntu 11.10 64 bit untuk dipasangkan dengan netbook, saya lebih memilih ubuntu karena memang dari awal sudah nyaman dengan distro ini, apalagi dengan banyaknya blog di internet yang membahas maupun memberikan tutorial perbaikan sistem bila terjadi kesalahan atau kerusakan pada sistem ubuntu yang kita gunakan. Oh iya, ada juga alasan kenapa saya masih menggunakan ubuntu dengan versi lama yaitu 11.10, saya menggunakan ubuntu versi ini dikarenakan ada masalah dengan driver touchpad yang saya gunakan. Saya sempat memasang ubuntu 12.04 dan linux mint 14 namun bila touchpad digunakan untuk memindahkan kursor maka kursor yang berpindah tadi akan loncat ketika digunakan untuk melakukan klik.

Proses instalasi ubuntu 11.10 64 bit tidak jauh berbeda dengan ubuntu 11.10 32 bit baik cara maupun waktunya. Untuk waktu, saya membutuhkan sekitar 15 menit untuk mulai memasang sampai dengan selesai terpasang. Setelah sistem terpasang dan melakukan reboot saya kemudian memasang beberapa aplikasi yang saya butuhkan, diantaranya adalah vlc, gimp, inkscape, audacious, google chrome, virtualbox dan compiz untuk mempercanatik tampilan desktop.

Setelah beberapa aplikasi yang saya butuhkan terpasang, saya mencoba untuk membandingkan apakah ada perbeadaan antara aplikasi yang berjalan diatas sistem 32 bit dan 64 bit. Yang pertama saya uji adalah gimp, untuk proses membuka aplikasi kecepatannya tidak jauh berbeda dengan 32 bit perbedaanya terlihat ketika melakukan proses editing, kalau di gim pada sistem operasi 32 bit kecepatan memprosesnya 17 maka pada ubuntu 64 bit kecepatannya naik menjadi 20. Selanjutnya saya membuka browser mozila firefox, pada firefox untuk proses membuka aplikasi tidak jauh berbeda dengan yang versi 32 bit beitu juga ketika digunakan untuk membuka beberapa tab. Kemudian yang saya uji selanjutnya adalah aplikasi virtualisasi virtualbox, saya memasang linux mint 14 pada virtual box, untuk membuka aplikasi ini kecepatannya sama dengan versi 32 bit tetapi yang membedakannya adalah ketika sudah memasang sistem oprasi didalam virtualbox. Sistem operasi yang berjalan di atas virtualbox memiliki kecepatan yang mendekati ketika dipasang pada notebook saya. wow virtualbox yang berjalan lancar pada ubuntu 11.10 32 bit menjadi lebih cepat bila dijalankan pada ubuntu 64 bit.

Ubuntu 64 bit menjalankan Linuxmint dalam Virtualbox

Ubuntu 64 bit menjalankan Linuxmint dalam Virtualbox

Dari beberapa pengujian diatas menunjukkan bahwa beberapa aplikasi bisa berjalan lebih baik dan lebih cepat kalau menggunakan ubuntu 64 bit.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post