Menghemat baterai Laptop dengan TLP pada ubuntu/linux mint

18 Apr 2013

TLP penghemat baterai laptop

Dari informasi yang saya dapat dari webupd8, TLP adalah program yang bisa membantu untuk menghemat pemakaian baterai laptop. Laptop yang saya gunakan cenderung boros dalam penggunaan baterai, apa lagi ketika digunakan untuk memutar video dan mendengarkan musik. Tetapi masalah tersebut sudah bisa sedikit teratasi ketika saya menggunakan jupiter dan mengubah pengaturan di grub. Namun saya tertarik untuk mencoba menggunakan TLP, sebab di webupd8 menerangkan bahwa TLP bisa menghemat lebih banyak bateri dan menurunkan suhu laptop yang panas.

Langkah pemasangan TLP

Untuk memasang TLP yang pertama dilakukan adalah menghapus skrip pengaturan penghemat baterai bila ada (miaslnya di folder /etc/), selanjutnya menghapus mode laptop dengan cara mengetikan perintah sudo “apt-get remove laptop-mode-tools”. kemudian tambahkan repositori TLP - update dan pasang softwarenya, secripnya bisa seperti ini :

sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw


kemudian ketikan :


sudo tlp start


perintah diatas hanya dilakukan sekali saja. Karena dari komentar komentar yang ada di webupd8 mengatakan bahwa sebaiknya hanya menggunakan satu saja software pengaturan baterai maka saya putuskan untk menghapus aplikasi jupiter yang sudah terpasang sebalumnya.

Pengujian menggunakan TLP

Setelah TLP terpasang dan menghapus jupiter, laptop saya restart untuk menguji ketehanan baterai. Pengujian saya lakukan dua kali, yang pertama laptop saya nyalakan dan saya biarkan selama dua jam tanpa melakukan aktivitas. Dari pengujian ini persentase baterai berkurang sekitar 50%, hasil ini tidak jauh berbeda dari kerika saya masih menggunakan jupiter.

Pengujian yang kedua, saya menggunakan laptop untuk memutar video dengan resolusi 480 selama beberapa menit. Dari pengujian ini penggunaan baterai juga hampir sama dengan ketika saya masih menggunakan aplikasi jupiter, namun yang sedkit berbeda disini adalah suhu laptop/temperatur dari laptop. Laptop saya temperaturnya menjadi lebih panas dari sebelumnya.:(

Karena merasa tidak ada perubahan yang berarti dari pemasangan software TLP ini, ahirnya saya putuskan untuk menghapusnya dan kembali memasang jupiter. mungkin hasilnya bisa berbeda bila TLP ini dipasang pada laptop yng lain :)


TAGS memasang tlp pada ubuntu/linux mint


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post